Rabu, 04 Maret 2009

MEMBERSIHKAN KEYBOARD


Keyboard adalah salah satu alat para hacker untuk melancarkan aksinya. Walaupun tingkat keahlian seorang hacker tidak dilihat dari bersih atau tidaknya keyboard yang digunakan namun ada baiknya kita selalu memperhatikan kebersihan salah satu perangkat keras masukan ini.

Untuk membersihkan keyboard hal yang paling penting diperhatikan adalah harga keyboard. Lakukan langkah-langkah di bawah ini jika keyboard anda berharga lebih dari Rp 100rb. Jika kurang dari itu dan anda telah menggunakannya lebih dari setahun saya menyarankan untuk mengganti dengan yang baru saja dari pada repot.



Membersihkan Keyboard

Langkah pertama yang kita lakukan adalah melepas setiap tuts pada keyboard. Anda bisa menggunakan benda-benda seperti sendok, obeng, atau benda tumpul yang tipis lainnya untuk mencongkel tuts. Masukkan benda tsb ke ruang antar tuts lalu congkel dari bawah untuk mengeluarkannya. Jangan ragu-ragu dalam melakukan hal ini karena saya jamin tuts keyboard anda tidak akan rusak jika dicongkel.

Jika semua tuts sudah lepas, langkah selanjutnya adalah membersihkan wadah tuts atau keyboard itu sendiri. Anda bisa menggunakan kuas atau sikat gigi untuk melakukan ini. Bersihkan setiap celah, jika dibutuhkan basahkan sikat atau kuas yang anda gunakan.

Berikutnya kita akan membersihkan tuts-tuts yang jumlahnya cukup banyak. Sediakan baskom atau wadah yang cukup untuk menampung semua tuts tersebut. Setelah itu isi wadah tersebut dengan air dan berikan shampoo atau deterjen secukupnya. Bilas tuts dalam wadah dengan cara mengaduk-aduknya. Setelah itu bersihkan satu-persatu dengan menggunakan sikat yang tadi anda gunakan. Pisahkan tuts yang sudah dibersihkan pada wadah yang kering.

Setelah semua tuts selesai dipisahkan bilas lagi dengan menggunakan air bersih lalu keringkan. Kemudian jemur semua tuts beserta papannya di bawah sinar matahari. Biarkan barang sejam atau dua jam.

Jika tuts sudah kering maka langkah selanjutnya adalah memasang tuts-tuts tersebut kembali seperti sedia kala. Caranya cukup gampang. Tinggal cocokkan posisinya dan tekan sampai terdengan bunyi klop. Ini artinya tuts sudah terpasang kembali dengan sempurna. Lakukan sampai semua tuts terpasang tanpa ada yang ketinggalan.

Jika semua tuts sudah terpasang maka anda tinggal mengetes apakah keyboard tersebut masih bisa digunakan :D

Selamat membersihkan keyboard!


from http://hacker.wordpress.com/2007/09/06/membersihkan-keyboard/


3 komentar:

  1. wah saya punya pembersih laptop, ada sapu kecilnya, bisa juga bwat nyapu keyboard. hehe..

    BalasHapus
  2. Thanks infonya, tapi takut kalo harus nyopotin keyboardnya. Selama ini cukup disapu pake kuas aja.

    BalasHapus